PELATIHAN PETUGAS SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL (SAKERNAS) FEBRUARI 2024 - News - BPS-Statistics Indonesia Lamongan Regency

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan berkomitmen "No Gratifikasi" untuk mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN

PELATIHAN PETUGAS SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL (SAKERNAS) FEBRUARI 2024

PELATIHAN PETUGAS SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL (SAKERNAS) FEBRUARI 2024

January 24, 2024 | BPS Activities


Memasuki awal Tahun 2024, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan mulai menyelenggarakan kegiatan perstatistikan, yang dimulai dengan kegiatan Pelatihan Sakernas Februari 2024. Tujuan umum kegiatan survei ini, yaitu menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan, sedangkan tujuan khusunya adalah memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya di tingkat nasional dan provinsi.

Sakernas dilaksanakan dua kali setahun (semesteran) di seluruh wilayah Indonesia (38 provinsi dan 514 kab/kota). Sekernas Februari, hasil surveinya untuk menghitung estimasi di tingkat Provinsi, sedangkan pada bulan Sakernas Agustus, digunakan untuk menghitung estimasi di tingkat kabupaten/kota.

Pelatihan dilaksanakan melalui dua metode yaitu secara daring dan luring (di ruang Dewi Kantor BPS Kab. Lamongan). Pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, dari tanggal 22 hingga  24 Januari 2024. Hari pertama dimulai dengan penyampaian materi secara daring  selama 2 (dua) hari dan 1 (satu) hari berupa materi praktek penggunaan aplikasi FASIH yang diselenggarakan secara luring.

Aplikasi FASIH (Flexible and Authentic Survey Instrument Harmony), adalah aplikasi Survei dan Sensus milik Badan Pusat Statistik, yang dapat digunakan untuk  manajemen survey, seperti untuk mengalokasikan petugas, membuat struktur organisasi dan mengupload sampel terpilih. Diharapkan dalam penggunaan aplikasi ini di kegiatan SAKERNAS FEBRUARI 2024, mampu memangkas waktu pada proses bisnis ketika melakukan pendataan menggunakan kuesioner.

Pelatihan petugas dibuka oleh Kepala BPS Kab. Lamongan, Bapak Bagyo Trilaksono. Pelatihan ini diikuti oleh 9 (sembilan) orang yang terdiri dari 6 (enam) PCL (Petugas Pencacah Lapangan) dan 3 (tiga) PML(Petugas Pemeriksa Lapangan). Pelatihan   dilaksanakan dalam satu kelas, dengan instruktur daerahnya, yaitu  Indah CMT, dan pemateri aplikasi FASIH disampaikan oleh Tony Hartono.

Pelaksanaan lapangan Sakernas terbagi menjadi 2(dua) tahapan kegiatan, tahap pertama berupa  pemutakhiran data rumah tangga pada blok sensus terpilih yang dilaksanakan dari tanggal 25 Januari hingga tanggal 8 Februari 2024. Sedangkan tahap kedua berupa kegiatan pencacahan lengkap yang dilaksanakan   pada tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 7 Maret 2024.

Moda lapangan Sakernas Februari 2024 menggunakan CAPI (Computer-Assisted Personal Interviews). CAPI  sendiri adalah teknik wawancara ke responden atau pewawancara menggunakan alat bantu smartphone, yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam kuesioner.  


Editor : Dicky Harryadi

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LAMONGANJl. Veteran 185 Lamongan-62218

Telp (0322) 3103310

Fax (0322) 3103310 Mailbox : bps3524@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia