PELATIHAN PETUGAS SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL (SUSENAS) MARET 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan berkomitmen "No Gratifikasi" untuk mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN

PELATIHAN PETUGAS SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL (SUSENAS) MARET 2024

PELATIHAN PETUGAS SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL (SUSENAS) MARET 2024

30 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) merupakan salah satu survei rutin BPS yang data dan informasinya selalu ditunggu dan menjadi rujukan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Hasil dari survei ini menjadi sumber data utama untuk kegiatan pembangunan di bidang sosial,  ekonomi,  dan beragam statistik lintas sektor, seperti diantaranya :

  1. Bidang Pendidikan, berupa : partisipasi sekolah, kemampuan membaca dan menulis, Angka Partisipasi Sekolah/APS, Angka Partisipasi Kasar/APK, serta Angka Partisipasi Murni/APM.
  2. Bidang Kesehatan, meliputi gangguan kesehatan, pemanfaatan jaminan kesehatan, perilaku merokok, pemberian imunisasi pada balita dan ASI pada baduta (anak usia bawah dua tahun atau umur 0-24 bulan), tempat melahirkan dan penolong persalinan, serta partisipasi KB untuk bidang kesehatan, fertilitas dan KB;
  3. Bidang Perumahan, mencatat kondisi tempat tinggal, sumber air untuk mandi dan mencuci.
  4. Bidang Tehnologi, terkait kepemilikan HP, akses internet.
  5. Bantuan/program pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat.
  6. Indikator penting lainnya seperti Kemiskinan, Gini Rasio, IPM dan lain lain.

Selain itu banyak indikator yang dihasilkan dari survei ini, juga menjadi rujukan utama untuk memantau perkembangan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) pada setiap tahunnya hingga tahun 2030.


Kegiatan Susenas Maret 2024 ini diawali dengan Tahapan Persiapan diantarnya adalah Pelatihan Calon Petugas. Salah satu tujuannya adalah menyamakan konsep definisi dan tata cara pengisian kuesioner.  


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelatihan calon petugas tahun ini dilaksanakan dengan metode daring/online dan secara tatap muka. Metode daring dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dan dilanjutkan dengan tatap muka yang dilaksanakan selama 1(satu) hari yang bertempat di Hotel Mahkota Lamongan.


Pelatihan diikuti peserta  sebanyak  85 (delapan puluh lima) petugas, yang terbagi ke dalam 3 (tiga) kelas. Mereka nantinya akan bertugas mendata sebanyak 910 (sembilan ratus sepulih) rumah tangga, yang tersebar di 27 (dua puluh tujuh) kecamatan. Data yang dihasilkan nantinya akan digunakan untuk estimasi hingga tingkat kabupaten/kota.

 

Pelatihan dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Lamongan, Bapak Bagyo Trilaksono. Dalam arahannya beliau berpesan :


1.  Petugas  agar lebih sabar dan teliti dalam bertanya kepada responden.

2. Mengikuti Standard Operating Procedure yang telah dipelajari, secara Profesional, Berintegritas dan Amanah, mengingat sangat pentingnya data yang dihasilkan.

 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LAMONGANJl. Veteran 185 Lamongan-62218

Telp (0322) 3103310

Fax (0322) 3103310 Mailbox : bps3524@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik