SURVEI PODES 2024, MENERAPKAN QUALITY GATES UNTUK MENJAMIN KUALITAS DATANYA - News - BPS-Statistics Indonesia Lamongan Regency

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan berkomitmen "No Gratifikasi" untuk mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN

SURVEI PODES 2024, MENERAPKAN QUALITY GATES UNTUK MENJAMIN KUALITAS DATANYA

SURVEI PODES 2024, MENERAPKAN QUALITY GATES UNTUK MENJAMIN KUALITAS DATANYA

May 16, 2024 | Other Activities


Kamis, 16 Mei 2024 BPS Kabupaten Lamongan, bertempat di Ruang Rapat Temu Dewi,  melaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Lapangan Potensi Desa (PODES) 2024. Rapat dipimpin langsung Kepala BPS Kabupaten Lamongan, Bp. Bagyo Trilaksono, dan Ketua Tim Podes 2024, Jamin. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya BPS Kabupaten Lamongan untuk melakukan penjaminan kualitas data Podes 2024.  Penjaminan kualitas data statistik, merupakan serangkaian aksi terencana dan sistematis untuk memberikan keyakinan bahwa sebuah produk statistik telah memenuhi standar kualitas tertentu dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Salah satu upaya penjaminan kualitas adalah menerapkan Quality Gates (QG). Istilah "gate" merujuk pada suatu checkpoint atau titik pengambilan keputusan pada beberapa area strategis dalam suatu penyelenggaraan statistik untuk menilai kualitas hasil kerja sebelum berlanjut ke tahapan berikutnya.

Podes 2024, adalah salah satu kegiatan statistik yang telah ditetapkan BPS, harusmenjalankan Quality Gate (QG), seperti amanah Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 117 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penjaminan Kualitas Statistik Melalui Quality Gates.  Sehingga data Podes 2024 akan memberikan informasi yang representatif dan objektif kepada perumus kebijakan. Sehingga kebijakan yang dirumuskan nantinya menjadi sebuah kebijakan yang efektif dan tepat sasaran.

Selain itu, data yang berkualitas juga memberikan informasi yang transparan dan akuntabel dalam memantau dan mengevaluasi kebijakan pemerintah. Salah satu indikator yang dihasilkan Podes 2024, yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan menjawab kebutuhan akan data yang berkualitas dan dapat diandalkan dalam menginformasikan kebijakan pembangunan secara efektif adalah Indeks Kesulitan Geografis (IKG). Skor IKG mencerminkan tingkat kesulitan geografis suatu desa, yang diukur berdasarkan variabel ketersediaan pelayanan dasar, kondisi infrastruktur, transportasi, dan komunikasi.

Mari dukung dan sukseskan Survei Potensi Desa 2024

Penulis : Dicky Harryadi

Design & Caption: Samuel SW

Credit: www.canva.com

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LAMONGANJl. Veteran 185 Lamongan-62218

Telp (0322) 3103310

Fax (0322) 3103310 Mailbox : bps3524@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia