INTERNALISASI DAN PENGISIAN SURVEI PERSEPSI REFORMASI BIROKRASI 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan berkomitmen "No Gratifikasi" untuk mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN

INTERNALISASI DAN PENGISIAN SURVEI PERSEPSI REFORMASI BIROKRASI 2024

INTERNALISASI DAN PENGISIAN SURVEI PERSEPSI REFORMASI BIROKRASI 2024

30 Mei 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Menangkap problematika pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Badan Pusat Statistik, sebagai bahan untuk menyusun rekomendasi terhadap pelaksanaan RB


Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) melalui Pusat Kajian Kebijakan Administrasi Negara (PK2AN) sedang melaksanakan kajian evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) yang bertujuan untuk mengetahui persepsi ASN terhadap pelaksanaan kebijakan Reformasi Birokrasi.

Survei ini termasuk dalam penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral, karena  target responden adalah seluruh pegawai BPS seluruh Indonesia, maka unit kerja yang memberikan rekomendasi penyelenggaraan kegiatan statistiknya  adalah BPS (Pusat). Survei ini telah dinyatakan "LAYAK" oleh BPS dengan identitas rekomendasi V-24.0000.011 tertanggal 3 Mei 2024.

Hasil survei ini akan menjadi bahan analisis untuk menangkap problematika pelaksanaan RB yang telah berjalan selama ini serta membangun rekomendasi terhadap pelaksanaan RB. Periode pengisian Survei hingga hari Jumat, 31 Mei 2024, jam 15.00 wib.

Kegiatan internalisasi yang dilaksanakan di Ruang Temu Dewi pada hari Kamis, tanggal 30 Mei 2024.  Kegiatan ini penting dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi RB BPS Tahun 2024 kepada seluruh pegawainya. RB BPS Tahun 2024 mencakup :

1. Tata Kelola dan Strategi RB  BPS Tahun 2024 yang berfokus pada Outcomes dan Value Organisasi

2.   Arah Perubahan RB

3.   Indikator Capaian Implementasi Kebijakan RB BPS Tahun 2023

4. Monitoring dan Evaluasi pada Indikator Pendorong maupun Indikator Penariknta di RB General 

5. RB  Tematik yang berperan memetakan dan membuat konsep program tematik yang relevan dijalankan dan memiliki daya ungkit terhadap value BPS, diantaranya data kemiskinan, investasi, digitalisasi pelayanan, pembinaan statistik, pengemasan indikator strategis. Termasuk monitoring dan evaluasinya.

Harapan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah dapat memberikan dampak positif bagi seluruh ASN BPS Kabupaten Lamongan, diantaranya mencakup :

1.   Pemahaman RB di instansi pemerintah, untuk penguatan tata kelola dan dan budaya kerja

2.   Pelaksanaan,  program, area perubahan, dan aspek operasionalisasi RB

3.  Pemahaman Keputusan Menteri PAN dan RB No. 739 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Evaluasi RB

4.   Dampak dan Tantangan program kegiatan RB




Oleh : Dicky Harryadi


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LAMONGANJl. Veteran 185 Lamongan-62218

Telp (0322) 3103310

Fax (0322) 3103310 Mailbox : bps3524@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik